Tokoh Lintas Agama LEMBATA Dukung Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19

BAGIKAN:

 

WartaNTT.com, LEMBATA – Sejumlah tokoh lintas agama asal Kabupaten Lembata nyatakan dukungan terhadap pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang akan berlangsung di Lembata, Februari mendatang.

Selain menyampaikan dukungannya, para tokoh agama juga berpesan agar Pemkab serius laksanakan sosialisasi secara detail termasuk kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) kepada semua warga tanpa kecuali,  tidak saja hanya kepada tokoh agama atau stakeholder terkait. Bahkan mereka minta agar kepala daerah bersama DPRD dan forkopimda juga berani untuk divaksin pertama kali.

Ditemui WartaNTT, Senin (25/01/2021) pimpinan Dekenat Lembata, Pastor Sinyo da Gomez, Pr., sampaikan vaksinasi merupakan program nasional yang dijalankan pemerintah daerah.

“Kami tentu beri apresiasi kepada Pemkab Lembata yang sudah kumpulkan tokoh agama dan stakeholder lainnya dalam kegiatan sosialisasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 beberapa waktu lalu”.

Memang ada pro kontra yang beredar di medsos terkait vaksinasi, termasuk saya juga awalnya masih ada keraguan, namun berdasarkan penjelasan pihak medis dalam kegiatan sosialisasi tersebut saya mengetahui banyak hal dimana disampaikan vaksin Sinovac punya efek samping yang lebih rendah dibanding vaksin jenis lainnya”.

“Oleh karena itu kami akan ikut bersama mensosialisasikan khususnya kepada umat. Dekenat Lembata siap mendukung program pemerintah.

Romo Deken melanjutkan “Yang perlu kita waspadai bersama saat ini, warga mulai anggap enteng Covid-19 padahal kasus semakin meningkat. Sehingga lewat kesempatan ini saya himbau agar kita semua patuhi protokes 5M. Pemerintah tentu tidak akan susahkan masyarakat” imbuhnya.

Ketua majelis GBI Rock Ministry-Lewoleba, Pdt. Ferdi Laimeheriwa, S.Th kepada WartaNTT (25/01) berharap Pemkab Lembata lebih intens sosialisasikan manfaat dan efek samping vaksinasi yang akan dilakukan guna meminimalisir keraguan warga atas informasi hoax yang beredar.

Prinsipnya saya selaku tokoh agama mendukung, dengan catatan perlu diberikan sosialisasi yang intens sehingga masyarakat paham dengan vaksin yang akan diberikan”.

“Saya melihat masih ada keraguan warga untuk divaksin akibat pemberitaan atau video yang beredar di medsos bahwa vaksin menyebabkan kejang-kejang dan hal lainnya. Meskipun hoax, namun berita tersebut sudah beredar luas sehingga masyarakat awam semakin ragu-ragu untuk divaksin.

“Saya harap perlu sosialisasi secara luas dan detail kepada semua kalangan masyarakat terhadap manfaat dan efek sampingnya. Jika tidak mendapatkan informasi yang cukup jelas maka wajar orang bertanya-tanya. Sejauh ini belum ada langkah sosialisasi intens yang dilakukan Pemkab.

Tokoh agama tetap akan menghimbau, namun Pemkab bersama nakes juga harus sosialisasikan sehingga berjalan 2 arah” terangnya.

Senada dengan Pdt. Ferdi, Ketua Majelis GMIT Solafide-Lewoleba, Pdt. Imanuel Talan, S.Th juga harapkan sosialisasi intens dilakukan.

Kita bersyukur kepada Tuhan karena setelah hampir setahun kita bergumul dengan pandemi Covid-19 ini, Tuhan buka jalan melalui para ilmuwan dan BPOM sehingga vaksin dapat ditemukan dan diedarkan meskipun masih ada prokontra ditengah masyarakat terhadap berbagai hal”.

“Adanya sikap prokontra saya anggap masih dalam batas yang wajar. Sebagai orang beriman kita berdoa agar semua proses berjalan dan kita di NTT dapat ditolong, mengingat khususnya di Kota Kupang saja situasinya sedang kritis. Kita berharap vaksin ini menolong kita dalam situasi yang sulit.

Dilanjutkannya “Perkembangan iptek memudahkan orang mengakses informasi dari berbagai sumber, namun banyak informasi hoax yang tersebar dan menimbulkan kegaduhan.

“Saya harap Pemkab giatkan sosialisasi kepada semua masyarakat selain sosialisasi yang diberikan kepada stakeholder beberapa waktu lalu, sehingga keraguan warga dapat dieliminir dan proses vaksinasi berjalan pada waktu yang direncanakan.

GMIT pada prinsipnya mendukung langkah pemerintah secara nasional terhadap program vaksinasi Covid-19 ini” ujarnya.

Sementara itu Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kab. Lembata, I Putu Sumantara yang dihubungi WartaNTT (25/01) juga menyampaikan dukungannya terhadap pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Lembata.

“Saya selaku pribadi sangat mendukung pelaksanaan vaksinasi Covid-19, dan kedepannya saya berharap segenap lapisan masyarakat Lembata juga dapat mengambil bagian dalam vaksinasi Covid-19 ini” ujarnya.

Sebelumnya, dalam sosialisasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang digelar Dinkes Lembata, Kamis (21/01) Ketua MUI Lembata, H. Muhammad H. Mahmud, Lc., juga menyampaikan dukungannya terhadap vaksinasi Covid-19 sebagaimana tertuang dalam Fatwa MUI nomor 02 tahun 2021.

“Dalam ketentuan hukum Fatwa MUI tentang Vaksin Covid-19 produksi Sinovac Life Science Co.Ltd. China dan PT. Bio Farma (Persero) hukumnya suci dan halal”.

“Vaksin Covid-19 sebagaimana diatas, boleh digunakan untuk umat islam sepanjang terjamin keamanannya menurut ahli yang kredibel dan kompeten” ujarnya saat itu.

Ditambahkannya “MUI Kabupaten Lembata memberikan dukungan penuh kepada pemerintah untuk lakukan vaksinasi kepada masyarakat dengan berpedoman pada Fatwa MUI.

Senada dengan MUI Lembata, pengurus daerah (PD) Muhammadiyah Lembata dan NU Lembata sebagai ormas Islam terbesar kepada WartaNTT, Senin (25/01) juga sampaikan dukungan terhadap pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Said Kopong, Ketua PD Muhammadiyah Kab. Lembata mengutarakan “PD Muhammadiyah Lembata satu kesatuan pandangan dengan pimpinan wilayah maupun Pengurus Pusat Muhammadiyah, bahwa upaya pemerintah untuk melaksanakan vaksinasi merupakan ikhtiar bersama mendapatkan kemaslahatan.

Dalam kitab suci Al-Qur'an disebutkan bahwa semua penyakit yang diturunkan oleh Allah, itu juga ada obat atau penawarnya yang disiapkan oleh Allah, sehingga ini juga merupakan bagian dari usaha. Diharapkan setelah ini aktivitas kembali berjalan normal baik aktivitas pemerintahan, kemasyarakatan, pembangunan, dan sosial keagamaan.

PD Muhammadiyah Lembata sangat mendukung vaksinasi Covid-19 ini. Saat proses pengadaan vaksin, pimpinan pusat dan wilayah Muhammadiyah mengharapkan komisi Fatwa MUI memperhatikan aspek halal haramnya, dan Alhamdulillah ternyata sudah melalui kajian MUI dan BPOM.

Sebagai Ketua PD Muhammadiyah, saya sangat siap untuk divaksinasi di tahap-1 apabila memenuhi syarat kesehatan” ujarnya.

Ditambahkannya “Covid-19 ini nyata ada bahkan kalau mau dikatakan virus ini sangat dekat disekitar kita, sehingga kita harus lebih disiplin patuhi protokes 5M. Ini harus menjadi perhatian bersama, karena kita tidak melihat wujud virus ini sehingga tidak menutup kemungkinan orang-orang yang berinteraksi dengan kita menjadi carrier (pembawa).

Sementara itu Ketua NU Kab. Lembata, Mochtar Sarabiti, yang dihubungi WartaNTT (25/01) juga harapkan kepala daerah ikut serta dalam tahap-1 penerima vaksin Covid-19 sebagaimana yang dilakukan Presiden Jokowi belum lama ini.

Prinsipnya NU Lembata mendukung sepenuhnya program pemerintah, sekaligus NU akan terus menghimbau umat islam dan warga nahdliyin Lembata untuk mengikuti secara baik vaksinasi Covid-19 yang akan dilakukan”.

“Saya minta agar vaksinasi tahap-1 diikuti Bupati, Wakil Bupati, Ketua dan anggota DPRD, pimpinan OPD dan Camat termasuk pimpinan Ormas sebagai contoh bagi masyarakat dan tidak menimbulkan keraguan warga. Bupati dan Forkopimda harus lebih dulu divaksin sebagai contoh bagi masyarakat sebagaimana yang dilakukan bapak Presiden” tegasnya.

“Kemudian saya minta Pemkab berkoordinasi dengan Polres agar seluruh informasi hoax terkait vaksinasi yang tersebar di medsos dapat ditertibkan. Polres perlu tingkatkan pengawasan terhadap medsos dan grup-grup WA yang ada. Kemudian juga saya harapkan desinfektan tetap dilakukan di tempat-tempat ibadah. Pemerintah bekerjasama dengan pengurus setiap rumah ibadah yang ada” ujarnya menambahkan. (Kris Kris)



KOMENTAR

Nama

23 T,1,3 tahun Jokowi-JK,3,4 Tahun,1,4 Tahun Jokowi-JK,15,Agama,2,aksi 313,12,Al Khaththath,1,Alor,3,Alrosa,7,AMAN Nusabunga,1,Anies,1,APBN,2,ASDP,1,Asian Games,6,Asian Para Games 2018,1,Asian Sentinel,1,Asing-Aseng,1,ASN,1,Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo - Flores,1,Bahasa Inggris,1,Bali,1,Bandara,1,Bandara H Hasan Aroeboesman,1,banjir,1,Bank Dunia,3,Banten,1,Bantuan,2,bantuan sosial,1,Basarnas Maumere,1,batik,1,Bawaslu,1,BBM,15,BBM 1 Harga,3,Bela Negara,1,Belu,4,Bencana,4,Bendungan,1,Beragama,1,BI,5,Bilateral,1,Bisnis,1,Blik Rokan,1,Blok Mahakam,1,Blok Rokan,1,BLT,1,Blusukan,1,BMKG,3,BNPT,1,Bogor,1,BPJS,1,BPK,1,BPN,1,BPS,3,Budayawan,1,Bulog,3,Bulutangkis,2,BUMN,3,Bupati Ende,3,Buruh,3,Buya Syafi'i,1,CFD,1,Citilink,1,coklat gaura,1,coklit KPU,2,Covid-19,29,Cukai,1,Damai,1,dana desa,11,Dana Kelurahan,2,Danau Kelimutu,1,Deklarasi,2,Denny Siregar,2,Desa Tiwu Sora,1,Dewan Masjid Indonesia,2,Dihapus,2,Divestasi,1,DIY,1,Djafar Achmad,1,Donggala,1,DPR,2,DPRD Ende,1,DPT,2,Dunia,1,Dusun Numba,1,E-KTP,2,Editorial,1,Ekonomi,256,Ekspor,1,Emak-Emak,1,Emas,1,Ende,132,Energi,9,ESDM,9,Esemka,1,Esports Indonesia,1,Fakta & Hoaks,2,fashion show,1,Festival Literasi,1,Festival Sandelwood,1,Festival Sepekan Danau Kelimutu,2,Festival Tenun Ikat,1,Final,1,Fitnah,1,FKMA,1,Flores,142,flores timur,2,FPI,1,Freeport,8,Freeport Indonesia,6,Game of Thrones,1,Gempa,9,Gempa NTB,9,Gempa. Tsunami,1,gereja lidwina,1,GMNI,3,GNPF MUI,1,Golkar,2,Golkar NTT,1,Guru Tidak Tetap Ende,1,Gus Dur,1,Habieb Rizieq,3,Haji,3,Hankam,4,Hanura,1,Hari Kesaktian Pancasila,1,Hari Lahir Pancasila,1,Hate Speech,3,Headline,1491,Hiburan,12,HIV/Aids,1,HMI,1,Hoaks,11,Hoax,14,HTI,49,Hukum,2,HUT HUT ke-73 Bhayangkara,1,HUT RI ke 73,2,HUT RI ke 74,4,HUT TNI ke 73,1,Hutang,2,ICMI,2,Ideologi,18,Idul Adha,2,IMF,5,IMF-WB,1,Imlek,1,Indobarometer,2,Indonesia-RDTL,1,Industri,2,industri kreatif,3,Infrastruktur,153,Internasional,27,intoleransi,1,investasi,9,IPM,1,Isra Mi'raj,1,istana,1,Isu Agama,1,Jalan Tol,1,Jawa,1,Jemaah Haji,1,Jokowi,129,Jokowi-Ma'aruf,3,Juara,1,Julie Laiskodat,1,Jurnalisme,1,Jusuf Kalla,2,Kab Sabu Raijua,1,Kabupaten Kupang,6,Kabupaten Sumba Barat Daya,10,Kadin,1,Kalimantan,1,Kampanye,7,Kampanye Damai,1,Kampus,2,kamtimbas,1,Kapolda NTT,1,Kapolri,2,Karhutla,1,keamanan,17,Kebakaran,1,Keberagaman,4,Kedaulatan,1,KEIN,2,kejagung,1,Kelautan,4,Kemendagri,1,KEMENDES,1,Kemenkeu,1,Kementan,1,Kemiskinan,8,kepala daerah,1,Kepala Desa,1,Kerukunan,1,Kesatuan,1,Kesehatan,2,Khilafah,1,KII,1,KKP,1,KNPI,1,Kodim 1602/Ende,8,Komunis,1,Korupsi,5,Korupsi E-KTP,1,Kota Kupang,30,KPK,4,KPU,1,KPU NTT,1,Krisis,2,Krismon,1,KSP,4,KTT ASEAN,1,kupang,13,La Nyalla,1,larantuka,2,LDII,1,Lembata,470,Lingkar Madani,1,Listrik,9,Lomba Cipta Puisi,1,Lombok,3,Longsor,1,LSI,1,Luar Negeri,6,Luhut Binsar Panjaitan,1,Lukman Hakim,1,Maáruf Amin,5,Mahasiswa,3,Mahfud MD,2,Makar,3,Malaysia,1,Manggarai,5,Manggarai Barat,18,Manggarai Timur,5,Maritim,1,Masjid,1,Medan,1,Media,1,Media Sosial,8,Medsos,2,Mendagri,3,Mendikbud,1,Menhan,2,Menhub,1,Menkeu,2,Menkopolhukam,1,Menlu,1,Mentan,1,Menteri Agama,1,Milenial,2,Mimbar Agama,1,Minyak,1,Minyak Tanah,1,MK,2,Moeldoko,4,Mosalaki,1,MPR,2,MTQ,1,Mudik 2018,17,MUI,4,Muslim,1,Nagekeo,24,narkotika,1,nas,1,Nasional,1880,Nasionalisme,25,Nawacita,3,Ngabalin,2,Ngada,7,No Golput,1,NTB,3,NTT,10,NU,5,Nusa Tenggara Timur,11,nyepi,1,objektif,1,OECD,1,OJK,1,Olahraga,13,Ombudsman,1,Opini,211,Osis,1,Otomotif,2,OTT,1,outsourcing,1,Palestina,2,Palu,5,PAN,1,Pancasila,45,Pangan,5,Panglima TNI,1,Papua,25,Papua Barat,1,Paralayang,1,Pariwisata,4,Pariwisata Flores,1,Partai Berkarya,1,Pasar,2,pasar modal,1,Paspampres,1,Pekerja Migran Indonesia,1,Pekerjaan,1,Pelabuhan,1,Pelabuhan Sekosodo,1,Pelangi Nusantara,1,PELITA,1,pelukan,1,Pembangunan,2,pemilu,2,Pemilu 2019,27,Pencak Silat,1,Pendidikan,7,Pengangguran,3,Penguatan Pancasila,1,Perbankan,1,Perbatasan,7,Perdagangan,2,Perdamaian,1,Perhubungan,1,Perikanan,6,Perintis Kemerdekaan,1,Perlindungan Pekerja Migran,2,Perppu Ormas,8,Persatuan,6,Persija,1,Pertamina,1,Pertanian,19,Pesantren,1,Petani,1,Piala,2,Pidato Jokowi,1,Pilbup,1,Pileg 2019,1,pilkada,6,Pilkada NTT 2018,23,Pilkada NTT 2019,1,Pilkades,1,Pilkades Ende,1,PIlpres,3,Pilpres 2019,18,Pilres 2019,5,PKI,2,PKS,1,PLAN,1,Pluralisme,1,PMII,1,PMKRI,3,PNS,1,Poling,1,Politik,68,Polres Ende,3,Polri,3,PP Muhammadiyah,3,Prabowo,5,prakiraan cuaca,1,Pramono Anung,1,Presiden,2,Presiden Bank Dunia,1,Proyek Mangkrak,1,Proyek Pembangunan,1,Proyek Strategis,1,PT Asia Dinasti Sejahtera,2,Pulau Saugi,1,pupuk,1,Puting Beliung,1,PWI,1,radikal,2,radikalisme,45,Ramadhan,4,Ratna Sarumpaet,2,RDTL,1,Regional,4,Registrasi SIM Card,1,Rekonsiliasi,10,Reuni Alumni 212,4,RISSC,1,Rizieq Shihab,2,Rohingya,11,Rote Ndao,2,RRI Ende,1,RS Pratama Tanali,1,Rupiah,12,Sabu,1,Sabu Raijua,12,SARA,7,SBY,2,SDA,1,SDM,1,Sejahtera,1,Sekjen PBB,2,Seleksi CPNS,1,Sengketa Lahan,2,seni,1,Sepak,1,Sepak Bola,3,Sertifikat,3,Seskab,1,Setara Institute,1,Sidang Ahok,7,Sikka,130,Siklon tropis Seroja,1,sleman,1,SMA/SMK,1,Sontoloyo,1,SOSBUD,52,Sosial Budaya,82,Sri Mulyani,6,Sriwijaya SJ-182,2,Stadion Marilonga,1,Startup,1,STKIP Simbiosis,1,STPM St. Ursula,1,Subsidi,1,subversi,1,Sulawesi Selatan,1,Sulawesi Tengah,10,Sumba,27,sumba barat,6,Sumba Barat Daya,168,sumba tengah,44,Sumba Timur,18,Sumpah Pemuda,2,survei,3,Susi Pudjiastuti,2,Tanah,1,TBC,1,Teknologi,14,Tenaga Kerja,1,tenun,1,Ternak Tani,1,terorisme,9,TGB,2,Timor,13,Timor Tengah Selatan,48,Timor Tengah Utara,2,Tito Karnavian,1,Tjhajo Kumolo,1,TKI,1,TNI,2,Tokoh,2,Tol,3,Tol Suramadu,1,toleransi,2,tour de flores 2017,2,transparan,1,Transparansi,1,transportasi,8,Travel,7,Tsunami,8,TTU,1,Turki,1,Twitter,1,Uang NKRI,1,uang palsu,1,UI,1,Ulama,1,Umat,1,UMKM,1,Vaksin Covid-19,1,Vaksin Sinovac,2,Wakil Bupati Ende,1,Walikota,1,Wapres,1,Wiranto,4,World Bank,2,World Peace Forum,1,Yenny Wahid,4,yogyakarta,1,zakat,1,
ltr
item
Warta NTT: Tokoh Lintas Agama LEMBATA Dukung Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19
Tokoh Lintas Agama LEMBATA Dukung Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19
https://1.bp.blogspot.com/-mSZa8csx4Zc/YA7H1R7LbtI/AAAAAAAARdc/X5KdIF7gmqoV5OAXmXzdgCfvIx-PXExWACLcBGAsYHQ/s320/Warta%2B%25282%2529.png
https://1.bp.blogspot.com/-mSZa8csx4Zc/YA7H1R7LbtI/AAAAAAAARdc/X5KdIF7gmqoV5OAXmXzdgCfvIx-PXExWACLcBGAsYHQ/s72-c/Warta%2B%25282%2529.png
Warta NTT
http://www.wartantt.com/2021/01/tokoh-agama-lembata-dukung-pelaksanaan.html
http://www.wartantt.com/
http://www.wartantt.com/
http://www.wartantt.com/2021/01/tokoh-agama-lembata-dukung-pelaksanaan.html
true
7634889450117025147
UTF-8
Semua berita termuat Berita tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal membalas Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua REKOMENDASI LABEL ARSIP CARI SEMUA BERITA Tidak ada berita yang sesuai dengan permintaanmu Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN INI PREMIUM Tolong bagikan untuk membuka Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode telah disalin di clipboard-mu Tidak bisa menyalin kode, tolong tekan [CTRL]+[C] (atau CMD+C dengan Mac) untuk menyalin