Ini Lho 9 Ruas Tol yang Diresmikan Jokowi Sepanjang Tahun 2017

BAGIKAN:


wartantt.com -- Pembangunan infrastruktur menjadi salah satu program yang terus digenjot pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.
Sepanjang 2017, Presiden Jokowi sedikitnya sudah meresmikan sebanyak 9 jalan tol.
Diantara jalan tol yang diresmikan itu, ada beberapa yang sudah mangkrak pengerjaannya hingga bertahun-tahun.
Usai peresmian, tak jarang Jokowi langsung menjajal jalan tol itu, mulai dari menggunakan mobil off road hingga mobil listrik.
Berikut 9 tol yang diresmikan Jokowi sepanjang 2017:

1. Tol Akses Tanjung Priok
Presiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Akses Tanjung Priok, Sabtu (15/4/2017).
Jokowi mengungkapkan betapa sulitnya membangun jalan tol sepanjang 11,4 kilometer tersebut, bahkan ketika dirinya masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.
"Saya ingat sekali ketika jadi gubernur, pembebasan lahan yang terganjal membuat dua tahun mangkrak. Alhamdulillah setelah turun ke lapangan beberapa kali itu bisa selesai," keluh Jokowi.
Berikutnya, lanjut Jokowi, ketika permasalahan tersebut rampung, datang lagi masalah lainnya berupa 69 tiang harus dipotong dan diganti karena tidak memenuhi spesifikasi seharusnya.
Akibat permasalahan pembebasan lahan dan penggantian 69 tiang itu, maka proyek Jalan Tol Akses Tanjung Priok ini disebut mangkrak selama lima hingga enam tahun dan baru bisa beroperasi pada tahun ini.
Meski demikian, selesainya pembangunan Jalan Tol Akses Tanjung Priok dengan nilai konstruksi mencapai Rp 4,1 triliun itu diyakini Jokowi bisa menjadi faktor peningkat daya saing Indonesia khususnya dalam hal logistik.
"Nantinya ini akan dilewati kurang lebih 3.600 truk setiap hari. Oleh sebab itu ini akan memiliki daya saing kecepatan pengantaran barang-barang dari dan ke Pelabuhan Tanjung Priok karena ini merupakan main port kita," jelas dia.

2. Tol Mojokerto-Kertosono Seksi 2
Setelah lebih dari dua dekade terbengkalai, akhirnya Jalan Tol Mojokerto-Jombang yang merupakan bagian dari Tol Mojokerto-Kertosono (Moker) diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) , Minggu (10/8/2017). Ruas tol ini, kata Jokowi, seharusnya sudah mulai dibangun sejak tahun 1996, namun terkendala sulitnya pengadaan lahan dan minimnya dukungan pemerintah.
"Saat ini kita sudah mengetahui cara menyelesaikannya. Bila infrastruktur tidak dibangun secepat mungkin, pasti akan semakin mahal biaya lahan dan konstruksinya. Harga tanah naik terus, sehingga investasi semakin besar. Kita akan sulit untuk bersaing," jelasnya.
Jalan tol yang diresmikan sepanjang 24,9 kilometer, ini terdiri dari seksi II ruas Jombang-Mojokerto Kota (19,9 kilometer) dan seksi III ruas Mojokerto Barat-Mojokerto Utara (5 kilometer).

3. Tol Bawen-Salatiga
Presiden Jokowi meresmikan Ruas Tol Bawen-Salatiga, Senin (25/7/2017) petang, yang ditandai dengan penekanan tombol sirine.
Ruas Tol Bawen-Salatiga yang digadang-gadang memiliki panorama terindah se-Indonesia dengan latar Gunung Merbabu ini dirancang sepanjang 17,6 kilometer dan merupakan bagian dari Jalan Tol Semarang-Solo dengan total 72,64 kilometer.
Dalam sambutannya, Jokowi menekankan bahwa pembangunan infrastruktur harus dipercepat untuk meningkatkan mobilitas barang, dan manusia.
Usai peresmian, Jokowi pun menjajal menggunakan transaksi non tunai dengan kartu e-Toll, di gerbang tol Salatiga.

4. Tol Palembang-Indralaya
Presiden Joko Widodo meresmikan tol Palembang Indralaya (Palindra), Kamis (12/11/2017) sore. 
Banyak catatan khusus yang diberikan Jokowi untuk tol pertama di Sumatera Selatan ini.
"Perlu kontruksi khusus karena tol ini menimbun rawa. Masih ada pembebasan lahan yang belum selesai. Jadi, tolong jangan dipungut biaya dulu tahun ini. Saya serius," ujar Jokowi.
Jokowi mengatakan, karena menimbun rawa, jalan tol Palindra ini harus mempunyai konstruksi yang khusus. Dia meminta dalam tiga bulan ke depan semua persoalan tol ini bisa selesai.
"Saya datang ke sini ingin memotivasi. Perlu kontruksi khusus karena ini rawa-rawa. Mengapa saya datang, masih ada pembebasan lahan yang belum selesai. Karena ini tol pertama di Sumsel," kata Presiden.

5&6. Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dan Tol Medan-Binjai
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dua ruas jalan tol di Medan, Sumatera Utara, Jumat (13/10/2017).
Dua ruas tersebut adalah Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi II hingga VI serta Medan-Binjai seksi 2 (Helvetia-Sei Semayang) dan seksi 3 (Sei Semayang-Binjai).
"Mobilitas barang, dan orang itu akan cepat sekali. Kalau barang cepat, transportasi akan lebih murah. Kalau transportasi murah, barang yang dibawa truk akan jatuh ke masyarakat lebih murah," ujar Jokowi saat peresmian.
Dia mencontohkan, saat ini harga barang di Singapura dan Malaysia dua kali lipat lebih murah ketimbang di Indonesia. Kalau harga transportasi bisa diturunkan, imbuh Jokowi, maka peringkat daya saing Indonesia akan meningkat. Seperti diketahui, tahun ini peringkat daya saing Indonesia naik dari yang sebelumnya 41, menjadi 36.

7. Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu
Presiden Joko Widodo meresmikan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu), Jumat (3/11/2017). Jokowi yakin tol ini dapat mengurai kemacetan yang terjadi di sepanjang jalur Jakarta-Bekasi.
"Paling tidak ini mengurai kemacetan yang telah bertahun-tahun ada dan kita tahu bahwa Tol Becakayu ini sudah berhenti (mangkrak) 21 tahun karena surat perintah kerja itu sudah diberikan tahun 1996," kata Jokowi.
Jalan Tol Becakayu dirancang sepanjang 21,04 kilometer. Seksi I yang menghubungkan Casablanca-Jakasampurna memiliki panjang 11 kilometer. Sementara seksi II yang menghubungkan wilayah Jakasampurna-Duren Jaya didesain 10,04 kilometer.
Jalan Tol Becakayu yang sudah siap dioperasikan adalah seksi 1B yang menghubungkan Cipinang Melayu-Pangkalan Jati dan seksi 1C yang menghubungkan Pangkalan Jati-Jakasampurna.
Usai peresmian, Jokowi langsung menjajal langsung ruas tol tersebut dengan menggunakan mobil jenis off road, Land Rover Defender County. Namun, meski sudah diresmikan Jokowi, tol Becakayu belum bebas dari masalah pembebasan lahan.
Di seksi tol yang belum selesai dibangun, sejumlah warga pemilik lahan memasang spanduk sebagai bentuk protes.
Iring-iringan Presiden Joko Widodo melintasi langsung spanduk tersebut usai peresmian tol Becakayu, dalam perjalanan menuju Istana Negara.

8. Tol Soreang-Pasir Koja
Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Soroja (Soreang- Pasirkoja), Senin (4/12/2017) di Gerbang Tol Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Jokowi mengatakan, Tol Soroja merupakan infrastruktur yang paling dinantikan oleh masyarakat Kabupaten Bandung dan Kota Bandung. Sebab, pembangunan tol sepanjang 10,55 kilometer ini telah mangkrak cukup lama.
“Ini tol yang sangat dinantikan masyarakat di Kabupaten Bandung dan sekitarnya dan sudah ditunggu lama sejak 1996,” ujar Jokowi saat diwawancara seusai peresmian, Senin siang.
Jokowi mengklaim bahwa pengerjaan Tol Soroja dikebut pada masa pemerintahannya lewat PT Citra Marga Lintas Jabar sebagai Pengusahaan Jalan Tol Soroja.
Jokowi optimistis keberadaan Tol Soroja bakal mempersingkat waktu tempuh dari Kota Bandung ke Kabupaten Bandung yang biasa ditempuh selama satu sampai dua jam via Kopo yang dikenal sebagai jalur neraka.
 
9. Tol Surabaya-Mojokerto
Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Surabaya-Mojokerto, Selasa (19/12/2017). Dengan peresmian tersebut, jalan tol sepanjang 36,27 kilometer itu sudah bisa beroperasi.
Presiden mengatakan, tiga ruas terakhir dari Tol Surabaya-Mojokerto yang diresmikan hari ini merupakan ruas pamungkas dari dua ruas sebelumnya. Dua ruas sebelumnya yaitu Seksi IA Waru-Sepanjang dan Seksi IV Krian-Mojokerto. Presiden menekankan, pemerintah akan terus menggarap proyek infrastruktur demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Untuk itu, pemerintah ingin merampungkan seluruh proyek infrastruktur yang belum selesai, dimulai dari Tol Trans-Jawa yang nantinya akan terbentang dari Merak sampai Banyuwangi.
Saat ini, total jalan tol Trans Jawa yang sudah beroperasi 561 kilometer atau separuh dari target. Sementara, 433 kilometer diantaranya masih dalam tahap konstruksi dan 171 kilometer dalam tahap persiapan.
Usai meresmikan tol Surabaya-Mojokerto, lagi-lagi Jokowi langsung menjajal ruas jalan tol tersebut. Namun kali ini Jokowi lebih memilih menggunakan mobil listrik buatan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.









KOMENTAR

Nama

23 T,1,3 tahun Jokowi-JK,3,4 Tahun,1,4 Tahun Jokowi-JK,15,Agama,2,aksi 313,12,Al Khaththath,1,Alor,3,Alrosa,7,Anies,1,APBN,2,ASDP,1,Asian Games,6,Asian Para Games 2018,1,Asian Sentinel,1,Asing-Aseng,1,ASN,1,Bahasa Inggris,1,Bali,1,Bandara,1,Bank Dunia,3,Banten,1,Bantuan,2,bantuan sosial,1,batik,1,Bawaslu,1,BBM,15,BBM 1 Harga,3,Bela Negara,1,Belu,4,Bencana,4,Bendungan,1,Beragama,1,BI,5,Bilateral,1,Bisnis,1,Blik Rokan,1,Blok Mahakam,1,Blok Rokan,1,BLT,1,Blusukan,1,BMKG,3,BNPT,1,Bogor,1,BPJS,1,BPK,1,BPN,1,BPS,3,Budayawan,1,Bulog,3,Bulutangkis,2,BUMN,3,Bupati Ende,3,Buruh,3,Buya Syafi'i,1,CFD,1,coklat gaura,1,coklit KPU,2,Covid-19,18,Cukai,1,Damai,1,dana desa,11,Dana Kelurahan,2,Deklarasi,2,Denny Siregar,2,Desa Tiwu Sora,1,Dewan Masjid Indonesia,2,Dihapus,2,Divestasi,1,DIY,1,Djafar Achmad,1,Donggala,1,DPR,2,DPRD Ende,1,DPT,2,Dunia,1,Dusun Numba,1,E-KTP,2,Editorial,1,Ekonomi,256,Ekspor,1,Emak-Emak,1,Emas,1,Ende,71,Energi,9,ESDM,9,Esemka,1,Fakta & Hoaks,2,fashion show,1,Festival Literasi,1,Festival Sandelwood,1,Festival Sepekan Danau Kelimutu,2,Festival Tenun Ikat,1,Final,1,Fitnah,1,FKMA,1,Flores,82,flores timur,2,FPI,1,Freeport,8,Freeport Indonesia,6,Game of Thrones,1,Gempa,9,Gempa NTB,9,Gempa. Tsunami,1,gereja lidwina,1,GMNI,2,GNPF MUI,1,Golkar,2,Golkar NTT,1,Guru Tidak Tetap Ende,1,Gus Dur,1,Habieb Rizieq,3,Haji,3,Hankam,4,Hanura,1,Hari Kesaktian Pancasila,1,Hari Lahir Pancasila,1,Hate Speech,3,Headline,1488,Hiburan,12,HIV/Aids,1,HMI,1,Hoaks,11,Hoax,14,HTI,49,Hukum,2,HUT HUT ke-73 Bhayangkara,1,HUT RI ke 73,2,HUT RI ke 74,4,HUT TNI ke 73,1,Hutang,2,ICMI,2,Ideologi,18,Idul Adha,2,IMF,5,IMF-WB,1,Imlek,1,Indobarometer,2,Indonesia-RDTL,1,Industri,2,industri kreatif,3,Infrastruktur,153,Internasional,27,intoleransi,1,investasi,9,IPM,1,Isra Mi'raj,1,istana,1,Isu Agama,1,Jalan Tol,1,Jawa,1,Jemaah Haji,1,Jokowi,129,Jokowi-Ma'aruf,3,Juara,1,Jurnalisme,1,Jusuf Kalla,2,Kab Sabu Raijua,1,Kabupaten Kupang,6,Kabupaten Sumba Barat Daya,10,Kadin,1,Kalimantan,1,Kampanye,7,Kampanye Damai,1,Kampus,2,kamtimbas,1,Kapolda NTT,1,Kapolri,1,Karhutla,1,keamanan,17,Kebakaran,1,Keberagaman,4,Kedaulatan,1,KEIN,2,kejagung,1,Kelautan,4,Kemendagri,1,KEMENDES,1,Kemenkeu,1,Kementan,1,Kemiskinan,8,kepala daerah,1,Kepala Desa,1,Kerukunan,1,Kesatuan,1,Kesehatan,2,Khilafah,1,KII,1,KKP,1,KNPI,1,Kodim 1602/Ende,8,Komunis,1,Korupsi,5,Korupsi E-KTP,1,Kota Kupang,30,KPK,3,KPU,1,KPU NTT,1,Krisis,2,Krismon,1,KSP,4,KTT ASEAN,1,kupang,12,La Nyalla,1,larantuka,2,LDII,1,Lembata,336,Lingkar Madani,1,Listrik,9,Lomba Cipta Puisi,1,Lombok,3,LSI,1,Luar Negeri,6,Luhut Binsar Panjaitan,1,Lukman Hakim,1,Maáruf Amin,5,Mahasiswa,3,Mahfud MD,2,Makar,3,Malaysia,1,Manggarai,5,Manggarai Barat,18,Manggarai Timur,5,Maritim,1,Masjid,1,Medan,1,Media,1,Media Sosial,8,Medsos,2,Mendagri,3,Mendikbud,1,Menhan,2,Menhub,1,Menkeu,2,Menkopolhukam,1,Menlu,1,Mentan,1,Menteri Agama,1,Milenial,2,Mimbar Agama,1,Minyak,1,MK,2,Moeldoko,4,Mosalaki,1,MPR,2,MTQ,1,Mudik 2018,17,MUI,4,Muslim,1,Nagekeo,24,narkotika,1,nas,1,Nasional,1879,Nasionalisme,25,Nawacita,3,Ngabalin,2,Ngada,7,No Golput,1,NTB,3,NTT,10,NU,5,Nusa Tenggara Timur,11,nyepi,1,objektif,1,OECD,1,OJK,1,Olahraga,13,Ombudsman,1,Opini,211,Osis,1,Otomotif,2,OTT,1,outsourcing,1,Palestina,2,Palu,5,PAN,1,Pancasila,45,Pangan,5,Panglima TNI,1,Papua,25,Papua Barat,1,Pariwisata,4,Pariwisata Flores,1,Pasar,2,pasar modal,1,Paspampres,1,Pekerja Migran Indonesia,1,Pekerjaan,1,Pelabuhan,1,Pelangi Nusantara,1,PELITA,1,pelukan,1,Pembangunan,2,pemilu,2,Pemilu 2019,27,Pencak Silat,1,Pendidikan,7,Pengangguran,3,Penguatan Pancasila,1,Perbankan,1,Perbatasan,7,Perdagangan,2,Perdamaian,1,Perhubungan,1,Perikanan,6,Perintis Kemerdekaan,1,Perlindungan Pekerja Migran,2,Perppu Ormas,8,Persatuan,6,Persija,1,Pertamina,1,Pertanian,19,Pesantren,1,Petani,1,Piala,2,Pidato Jokowi,1,Pilbup,1,Pileg 2019,1,pilkada,6,Pilkada NTT 2018,23,Pilkada NTT 2019,1,Pilkades,1,PIlpres,3,Pilpres 2019,18,Pilres 2019,5,PKI,2,PKS,1,PLAN,1,Pluralisme,1,PMII,1,PMKRI,2,PNS,1,Poling,1,Politik,68,Polres Ende,1,Polri,3,PP Muhammadiyah,3,Prabowo,5,prakiraan cuaca,1,Pramono Anung,1,Presiden,2,Presiden Bank Dunia,1,Proyek Mangkrak,1,Proyek Pembangunan,1,Proyek Strategis,1,Pulau Saugi,1,pupuk,1,Puting Beliung,1,PWI,1,radikal,2,radikalisme,45,Ramadhan,4,Ratna Sarumpaet,2,RDTL,1,Regional,4,Registrasi SIM Card,1,Rekonsiliasi,10,Reuni Alumni 212,4,RISSC,1,Rizieq Shihab,2,Rohingya,11,Rote Ndao,2,RRI Ende,1,Rupiah,12,Sabu,1,Sabu Raijua,11,SARA,7,SBY,2,SDA,1,SDM,1,Sejahtera,1,Sekjen PBB,2,Seleksi CPNS,1,Sengketa Lahan,2,seni,1,Sepak,1,Sepak Bola,3,Sertifikat,3,Seskab,1,Setara Institute,1,Sidang Ahok,7,Sikka,130,sleman,1,SMA/SMK,1,Sontoloyo,1,SOSBUD,52,Sosial Budaya,82,Sri Mulyani,6,Stadion Marilonga,1,Startup,1,STKIP Simbiosis,1,STPM St. Ursula,1,Subsidi,1,subversi,1,Sulawesi Selatan,1,Sulawesi Tengah,10,Sumba,23,sumba barat,6,Sumba Barat Daya,168,sumba tengah,42,Sumba Timur,18,Sumpah Pemuda,2,survei,3,Susi Pudjiastuti,2,Tanah,1,TBC,1,Teknologi,14,Tenaga Kerja,1,tenun,1,Ternak Tani,1,terorisme,9,TGB,2,Timor,13,Timor Tengah Selatan,48,Timor Tengah Utara,2,Tito Karnavian,1,Tjhajo Kumolo,1,TKI,1,TNI,2,Tokoh,2,Tol,3,Tol Suramadu,1,toleransi,2,tour de flores 2017,2,transparan,1,Transparansi,1,transportasi,8,Travel,7,Tsunami,8,TTU,1,Turki,1,Twitter,1,Uang NKRI,1,uang palsu,1,UI,1,Ulama,1,Umat,1,UMKM,1,Walikota,1,Wapres,1,Wiranto,4,World Bank,2,World Peace Forum,1,Yenny Wahid,4,yogyakarta,1,zakat,1,
ltr
item
Warta NTT: Ini Lho 9 Ruas Tol yang Diresmikan Jokowi Sepanjang Tahun 2017
Ini Lho 9 Ruas Tol yang Diresmikan Jokowi Sepanjang Tahun 2017
https://3.bp.blogspot.com/-H5SVAYmvOhg/WkJfYvflchI/AAAAAAAAGKU/uKiOK_-lkK80HdtLtB1Q1JDyxj3Sp0_BACLcBGAs/s320/jokowi%2Btol.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-H5SVAYmvOhg/WkJfYvflchI/AAAAAAAAGKU/uKiOK_-lkK80HdtLtB1Q1JDyxj3Sp0_BACLcBGAs/s72-c/jokowi%2Btol.jpg
Warta NTT
http://www.wartantt.com/2017/12/ini-lho-9-ruas-tol-yang-diresmikan.html
http://www.wartantt.com/
http://www.wartantt.com/
http://www.wartantt.com/2017/12/ini-lho-9-ruas-tol-yang-diresmikan.html
true
7634889450117025147
UTF-8
Semua berita termuat Berita tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal membalas Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua REKOMENDASI LABEL ARSIP CARI SEMUA BERITA Tidak ada berita yang sesuai dengan permintaanmu Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN INI PREMIUM Tolong bagikan untuk membuka Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode telah disalin di clipboard-mu Tidak bisa menyalin kode, tolong tekan [CTRL]+[C] (atau CMD+C dengan Mac) untuk menyalin